ITIL?? apaan ya ITIL itu..?

Klo kepanjangannya sih the IT Infrastructure Library… Artinya? ya silahkan cari tau sendiri.. hehehe

Gini singkat cerita aja, saya kutip dari itil.org.uk, ITIL adalah “essentially a series of documents that are used to aid the implementation of a framework for IT Service Management. This customisable framework defines how Service Management is applied within an organisation“. Kalau secara kasar akan saya terjemahkan (mudah-mudahan terjemahannya ga ngawur) yaitu pada dasarnya adalah serangkaian dokumen  yang digunakan untuk membantu pelaksanaan kerangka kerja untuk IT service management (ITSM). Ya kalau kita bicara lebih lanjut memang ITIL adalah best practice dalam pelaksanaan ITSM.

Jadi kerangka kerja (framework) ini mendefinisikan bagaimana menyesuaikan penerapan service management dalam sebuah organisasi.

Pada awalnya ITIL adalah standar yang dibuat oleh CCTA, yaitu sebuah organisasi/ lembaga pemerintah yang berada di Inggris sana. Namun sekarang ini diadopsi dan digunakan sebagai standar de facto untuk praktek terbaik IT service di seluruh dunia. Walaupun ITIL memiliki beberapa area, namun tetap fokus utamanya pada IT service management.

sumber: http://www.agentil.com/sites/default/files/field/image/IT-service-management.png