Protokol untuk komunikasi antar komputer saat ini sudah sangat banyak sekali. Kalau kita analogikan, protokol itu seperti bahasanya komputer. Semua sistem operasi memiliki protokol untuk jaringannya sendiri-sendiri. Seperti windows punya NetBIOS, Linux/UNIX dengan TCP/IPnya, Novell/Netware dengan IPX/SPXnya, dan lain sebagainya. Ibaratnya orang jawa pake bahasa jawa, orang batak pake bahasanya sendiri, sunda pun demikian dan lain sebagainya. Tapi kalo di Indonesia, kita kan punya bahasa Indonesia…. bukankah begitu?

Lalu apa nama bahasa persatuannya jaringan komputer? Setelah sekian lama ketidaktahuan saya mengenai jaringan komputer, komunikasi data dan lain sebagainya…. Saya mendapat beberapa literatur tentang protokol komunikasi komputer itu, yaitu TCP/IP punyanya UNIX/Linux… Ibaratnya orang Amerika yang lahir dia udah bisa bahasa Inggris (bahasa default internasional), begitu pula dengan Linux/UNIX, kalo diinstall dia udah bisa bahasa TCP/IP…..

BTW, dulu saya pernah baca mengenai OSI model. Katanya OSI ini bener-bener mirip sama TCP/IP (cuma beda layernya ajah…klo TCP/IP ada 4 layer, OSI punya 7 layer). Tapi dua-duanya merupakan standar dalam bahasa pertukaran data di internet. yang saya bingung adalah, mana yang duluan, TCP/IP atau OSI? karena saking miripnya kedua bahasa ini… (mungkin klo bahasa inggris itu versi amerika atau versi inggris kali ya….?)

Adakah yang memiliki literatur yang mengemukakan OSI dan TCP/IP duluan yang mana?