Sebelumnya saya telah menulis artikel tentang bagaimana sebuah email dapat langsung dikirim ke HP lewat MMS. Nah, untuk memudahkan kita mengetahui apakah ada email yang masuk, maka kita gunakan saja fasilitas forwarding mail yang biasanya ada di free web mail yang kita gunakan.

Sebagai contoh, saya disini menggunakan gmail, dengan alamat : citycrypt@gmail.com

Sebelumnya saya akan menjelaskan sedikit tentang mail forwarding. Mungkin pembaca udah males dengernya, tapi berhubung pembaca setia blog saya rata-rata adalah orang awam (termasuk pacar saya sendiri), daripada saat nge-date nanti dia malah nanya-nanya tentang mail forwarding, atau nanti malam dia sms dan meminta saya menjelaskan panjang lebar, alangkah lebih indah bila saya tulis disini. (kayaknya basa-basinya kepanjangan deh)…🙂

Begini, sebuah email yang masuk ke dalam mail server (kita asumsikan sebuah kotak surat yang ada di pagar rumah kita), dapat diperlakukan oleh mail server dengan perlakuan tertentu. Misalnya dibuang, atau dikirim lagi ke alamat lain. Nah contoh surat yang dibuang biasanya adalah spam (pernah tau kan spam filter ?), mail server memiliki daftar alamat email dan contoh-contoh surat (mail) yang disebut sebagai spam. nah kalau ada mail yang sama seperti spam (sampah) maka langsung dibuang atau dimasukkan ke dalam tempat sampah. Ibaratnya kalau kotak surat kita dimasukkan sampah, maka pastinya kita buang dong….

Lalu bagaimana dengan mail forwarding?

yang pasti, mail / surat tersebut bisa juga kita kirim ke suatu alamat (forward) secara otomatis. Nah, kita bisa menyimpan copyannya atau bisa langsung kita hapus. Semoga penjelasan singkat ini dapat membantu….

Dengan menggunakan mail forwarding, maka kita akan mengirimkan setiap email yang masuk ke alamat email kita ke alamat MMS kita. Dan email tersebut akan diterima sebagai MMS. Kalau kita malas membaca MMS (apalagi kita mesti download manual dulu), paling tidak, kita dapat info kalau ada mail yang masuk.

Bagaimana caranya setting email forwarding ke MMS di Gmail?

Pertama bukalah account Gmail dan tampil halaman seperti ini:

setmail.jpg

Kemudian klik setting dan akan tampil halaman sebagai berikut :

setmailfor.jpg

Setelah itu, masuk ke tab Forwarding and POP/IMAP, maka akan tampil halaman:

setmailforward.jpg

Nah, kemudian isikan yang dilingkari merah (Forward a copy of incoming mail to :….) dengan alamat MMS anda cth :0856xxx@mobile.indosat.net.id kemudian klik Save Changes. setelah itu nikmatilah fasilitas email forwarding……

Semoga dapat membantu…

Salam – Citycrypt –🙂