Banyak orang yang suka chatting… Terkadang seharian waktunya dia habiskan untuk chating di depan komputer, entah di warnet, kantor, dan lain sebagainya…

Bagaimana kalau chatting saat sedang menunggu bus di halte, atau menunggu di loket PLN, Telkom, atau sedang menunggu teman….

Saat ini ponsel atau handphone atau senang dengan panggilan hape (HP), hampir dimiliki oleh semua orang kalangan menengah keatas. Banyak dari pengguna ponsel ini menggunakan ponsel yang dimilikinya untuk mengirimkan pesan singkat (short messaging service) / SMS. Apalagi kaum muda-mudi, mereka senang sekali chatting melalui SMS. Bahkan ada layanan chatting dengan SMS di suatu komunitas komersial. Iklan yang ditampilkan di televisi sangat menggiurkan, seperti Chat n ****, dengan model iklannya yang menawan dan kata-kata yang terus diulang-ulang agar kita terngiang-ngiang dan akhirnya mengikuti si pemilik iklan.

Chatting melalui SMS tentunya memerlukan pulsa yang sangat mahal, (walaupun di iklan dikatakan ‘cuma seharga SMS biasa’) Coba kita hitung, 1 kali SMS saja sudah 350 rupiah, nah kalau 10 kali aja udah 3500 rupiah. Bayangkan kalau sehari anda chatting sebanyak 30 pesan (SMS), maka diperlukan SMS seharga 10.500 rupiah. Nah kalau seminggu, sebulan? wah bisa lebih dari 300.000 rupiah (Sungguh angka yang fantastis!!!).

Selain chat lewat SMS, chating diperkenalkan awalnya pada internet, namun dikembangkan melalui SMS. Kelebihan chatting melalui ponsel (SMS) adalah kemudahannya, yaitu dimana saja kita bisa melakukannya. Sekarang bagaimana kalau kita kembalikan lagi ke internet, namun semudah SMS? Sehingga jumlah yang kita keluarkan tidak semahal kalau kita chat melalui SMS….

Saat ini layanan yahoo messenger telah dapat kita nikmati melaui portal wap yahoo. yaitu suatu portal (internet) yang dapat diakses oleh ponsel  dengan menggunakan protokol wap (umumnya protokol internet yang dapat diakses oleh ponsel adalah wap). Dengan menggunakan protokol wap, maka kompatibilitas dengan berbagai merk ponsel dapat lebih terjamin. Kalau kita akses http://wap.yahoo.com dengan menggunakan ponsel maka akan tertampil halaman seperti ini (pada contoh ini saya menggunakan wap emulator agar lebih mudah ditampilkan pada blog saya, dengan emulator http://www.inetis.com/index.php?module=ttemulator) :

wapemulator.jpg

Pada gambar tersebut ditampilkan wapsite dari yahoo, bisa kita perhatikan bahwa terdapat link ke yahoo messenger (untuk chatting dengan pengguna yahoo). Dan apabila kita klik kink tersebut kurang lebih akan tampil halaman sebagai berikut:

wapmessengger.jpg

Disana tertampil bahwa account orang lain yang sedang aktif (online) ada tanda :)  kemudian kita tinggal melakukan klik saja pada account yang aktif tersebut, dan dapat kita mulai obrolan dengan orang tersebut.

wapmessengger1.jpg

Layanan dari yahoo ini termasuk layanan baru. Sebelumnya portal yahoo ini  menyediakan fasilitas mail yahoo dan lain sebagainya (cth: games). Sekarang anda dapat menikmati chatting lebih murah daripada chatting dengan SMS dengan seluruh orang di dunia.

Semoga dapat membantu….🙂

nb: dalam tulisan ini banyak kata yang salah ketik seperti chating, seharusnya chatting dan ditulis miring, tapi saya malas untuk mengubahnya… terima kasih… salam citycrypt🙂