Terima kasih kepada pembaca blog saya… Dari statistik blog ini, saya melihat kecenderungan pembaca untuk membaca tentang baca email dari handphone. Dari sekian banyak komentar pun kebanyakan ingin sekali dapat melakukan pembacaan email dengan menggunakan handphone. Dari sekian banyak komentar itupun saya tidak dapat membalasnya satu per satu.

Untuk itu saya mencoba sedikit yang saya ketahui tentang pembacaan email dari handphone. Pertama yang perlu diketahui adalah apakah handphone yang kita miliki mendukung akses internet? Bila mendukung, maka sebaiknya pastikan koneksi internet melalui hape tersebut sudah berjalan lancar. Untuk anda yang menggunakan gprs, silahkan untuk mensetting gprs anda agar dapat digunakan berinternet ria.

Sebelum membahas bagaimana mengakses mail server dengan handphone, disini saya hanya akan mengemukakan tentang penggunaan protokol wap dengan handphone, sedangkan untuk penggunaan aplikasi mail client (baik POP3 dsb.) akan dibahas lain waktu. Pada pembahasan kali ini, saya hanya akan membahas secara umum saja, artinya dapat digunakan oleh berbagai kalangan pengguna hape. Sebenarnya banyak handphone yang telah memiliki mail client sebagai aplikasi standarnya (terutama handphone untuk bisnis), tapi saya akan membahas untuk handphone secara umum (ga adil kan buat yang ga punya hape seperti itu).  Hape² tersebut bahkan memiliki fasilitas adanya alert apabila ada email masuk, keren juga… tapi jangan berkecil hati untuk yang tidak memiliki handphone semacam itu.

Baik, kita akan mulai ke pembahasan inti:

Setelah mensetting akses internet, pastikan mail server anda mendukung akses wap (protokol internet yang digunakan oleh mobile phone). Sebagai contoh mail server yang mendukung : YahooMail (wap.yahoo.com) dan GoogleMail (Gmail, saya anjurkan menggunakan gmail akses dari sayni (gmobile.sayni.net). Misalnya anda menggunakan yahoo, maka akseslah wap.yahoo.com maka akan tampil halaman yahoo (tampilan belum tentu sama dengan yang saya tampilkan disini). Selain untuk chatting (baca artikel Chatting melalui ponsel), halaman ini menyediakan fasilitas akses ke YahooMail.

wapemulator.jpg

Setelah itu anda bisa langsung mengklik link mail, anda akan dipersilahkan untuk login terlebih dahulu barulah anda akan dapat mengakses email anda seperti tampilan di bawah ini (pengirim email saya kaburkan untuk merahasiakan identitas) :

mailinbox.jpg

Dan anda juga dapat mengakses berbagai menu mail service seperti membuat email, mengirim email, membalas, membaca email dan sebagainya. Semuanya sangat mudah dilakukan. Selamat mencoba…

mailyahoo.jpg

Semoga dapat membantu….🙂

Salam

Citycrypt🙂