Tulisan ini cuma buat mendukung tulisan saya yang lain. Hanya menjelaskan apa itu client dan server….Saya hanya kan menjelaskan dengan bahasa sehari-hari, bukan dari buku atau referensi dan menurut pemahaman saya, kalau terdapat kesalahan mohon diberi tahu…

Saya hanya menulis artikel singkat, yang mendukung tulisan saya yang lain, sebenarnya client-server ini adalah konsep komunikasi data (jaringan), selain client-server ada juga peer to peer dsb. Atau apalah… saya juga ga tau … masih awam nih

LaST (Cobalt) My NetworkClient itu gampangnya begini, yang dimaksud client itu sebenarnya suatu perangkat, entah itu komputer, handphone, atau apalah (bahkan kulkas juga bisa jadi client). Tapi client lebih ke arah komunikasinya. Jadi antar perangkat saling berkomunikasi. Misalkan handphone kita mengakses server indosat (lewat GPRS), maka handphone kita sebut sebagai client, dan servernya adalah indosatnya. Nah kira-kira gampangnya begitu client dan server.

Client yang dimaksud pada tulisan saya nge-warnet gratis adalah komputer warnet. Jadi komputer yang kita pakai buat internetan di warnet itu disebutnya client. (bagi yang sudah tau mohon maaf, pasti nge-betein, ini buat temen-temen saya yang suka sama saya, eh maksudnya suka ngomentarin kalo dia ga ngerti) So, si servernya di mana? ternyata dia ada di kasir, itu lho yang kalau kita udahan maen, pas mau bayar dia ngelongok layar monitornya…Jadi kita berusaha untuk mencegah agar komputer kita mengirimkan data ‘mulai hitung harga sewanya!’ ke komputer kasir.

OKE, itu gampangnya aja, kalo mau tau lebih lanjut, baca aja sendiri di buku-buku jaringan.. bli gih sana…

Salam manis..🙂