Unknown004055

Steganografi ? dari www.kriptonesia.com/forum postingnya de la rochabilang

“steganografi itu lebih kepada “menyembunyikan” informasi secara harfiah berarti bener2 mengklamufasekan informasi baik secara fisik maupun teknik, sedangkan kriptografi sifatnya mem”formulasikan” informasi agar hanya dapat dimengerti oleh orang yg mengetahui formula-nya. Nah, biasanya formulasinya itu hitungan matematis atau algoritma”.

saya sih masih kurang paham, ini aja saya ambil dari forum, coba kalau dari buku bilang apa? ah pusing, tapi yang saya tangkap bahwa steganografi itu merupakan penyembunyian informasi, bener ga? mohon dikoreksi….

Saya pernah mendapatkan software untuk menyembunyikan file ke dalam file musik (*.wav apa *.mp3 gitu, lupa, sekarang softwarenya udah ilang, ga tau download dimana). Selain file musik juga dapat disisipkan pada file gambar. Pada waktu itu saya ga tau cara kerjanya, apalagi kata-kata steganografi…. Ga pernah lah denger…

Beberapa hari yang lalu saya mendapatkan sebuah email dari pembaca blog ini, yang menanyakan tentang virus, saya jadi teringat masa-masa indah dulu… (emangnya apaan coba….?) Akhirnya saya mendapatkan sebuah ide…

Apakah Bisa Menyembunyikan File dalam Virus ?

*** Jawabannya BISA !!!

Begini konsepnya… Pada dasarnya virus itu merupakan suatu program juga.. di dalamnya pastilah berisi kode-kode aneh yang kalau dibaca sama mesin (kompie maksudnya) jadilah sesuatu yang hidup…! Setahu saya, yang namanya cirus eh salah virus (sory salah ketik, c ama v itu deketan sih (males pake backspace biar tulisannnya banyak) hehe :D), lanjutin virus tuh bisa berkembang biak dan hijrah kemana-mana. Cepet banget lagi perginya, udah gitu berkembang biak di tempat baru. Terus mulai deh menjalankan rencana si penciptanya. HAH.. BUM… lalu meledak !

Nah karena merupakan suatu program, si pembuat dapat saja menyediakan tempat kosong ataupun kata-kata tak berguna yang disisipkan menyebar di seluruh tubuh program. Nah space ini dimanfaatkan untuk menyembunyikan file lainnya… Saat seseorang hendak mengakses file ini, dia harus mendisassembly terlebih dahulu untuk mendapatkan informasinya. (Dia kan gak tau tempat si informasi bersarang), salah-salah dia mengeksekusi virus, maka BUUUMM !!

Lagian siapa juga yang nyangka bahwa si virus merupakan carrier dari informasi rahasia???

Ini baru konsep aja, kalau yang tertarik terhadap programnya bisa menghubungi saya, silahkan anda post comment saja, nanti saya balas via email.