Beberapa hari yang lalu, ada seorang teman (cewek, n cukup manis jg.. hehe…😛, eh sorry maaf takut ada yang marah please jangan marah…:) ) yang mengirim SMS dengan menanyakan bagaimana caranya memiliki sebuah email (Maklumlah teman kita yang satu ini baru kenal internet). Saya sulit menjelaskannya lewat SMS, capek booo… jempol gue bisa bengkak kalee… Mending ketemu aja langsung, kita ke warnet bareng, terus nraktir gue… (harusnya begitu mbak)😀

Yaudah, mending baca ini aja yaa… Sory buat yang udah faham, bete kali baca tulisan ini.. Tapi saya jadi ingat seseorang, dia adalah seorang hacker yang lumayan jago, waktu pertama kali kenalan sama dia masih scriptkiddies. tapi masa hacker ga bisa bikin email, cuma jagonya nge-deface ajah..! Payaaaahhhh….😀

Pertama, Sebenarnya email tuh apa yaa…? Gampangnya gini aja, email tuh sama kayak surat, kita kirim ke orang, atau kita bisa terima dari orang. Berarti punya alamat kan? Oke, kalau kirim surat ke rumah saya, misalnya alamatnya JL. eks, nomor sekian bla.bla.bla.. Yang alamat itu menunjukkan rumah saya. Nah kalau di internet gimana?

Beginilah kalau kita mau mengecek IP address suatu website, paket kita lewat server mana aja.. ini pake perintah tracert <nama-web> di command prompt windows

Analoginya sama aja… Internet itu ratusan juta komputer (gue ga tau jumlahnya berapa.. ini ga ada referensinya!) yang terhubung dalam satu jaringan. Anggap aja setiap komputer ini sebuah rumah yang terhubung oleh jalan. Nah setiap komputer ini memiliki alamat masing-masing (biasa disebut IP-address <internet protocol>) IP-address tersebut berbentuk angka, misalnya : 64.233.161.104 (ga tau ini alamat mana). Analogikan bila rumah terhubung ama jalanan, pasti ada alamatnya dong (emang ga mesti juga sih…). Ribet kan klo orang ngapalin angka-angka ini. Makanya ada yang namanya DNS (Domain Name Server) <kali kalo di kehidupan sehari-hari analoginya kantor pos atau kantor kelurahan>, jadi cukup dengan menyebutkan alamat yang orang bisa inget, misalnya www.google.co.id, sama DNS diterjemahin ke 64.233.161.104.

google

 

Nah alamat komputer yang kita tuju itu katanya sih disebut server (referensi cari sendiri…!). Jadi kalau mau bikin email, pertama kali yang kita tentukan adalah 1. dimana kita mau buat email ?

Sebenernya saya lebih tertarik menulis gimana kalau kita buat mail server sendiri.. jadi server emailnya ada di komputer kita (Bisa kok! walaupun pake telkomnet instan aja), tapi karena permintaan si mba ini maka kita pake yang free aja. Misalkan kita tentukan di server yang populer (contohin yahoo aja yah…), maka kita masuk aja ke http://mail.yahoo.com homeYhoo

Lalu klik sign up (tanda merah), kemudian akan tampil registTop

Isikan formulirnya (terutama yang ada tanda *-nya). Setelah itu kalau mau baca-baca Terms of Service ya monggo.., terus klik I Agree., Jangan samapai salah di kolom Verify Your Registration , isikan dengan tulisan mencong-mencong di bawahnya. (contoh di atas isinya 2dex).

Maka akan tampil congrat

Perhatikan yang dilingkari merah (ntar ga ada elipse merah itu ya…!), itu adalah alamat email anda … catat, jangan lupa lagi…!!!! pada contoh di atas alamatnya citycryptx509@yahoo.com , nah itu cara bikin email, cara ngebuka email, nanti aja dibahas lagi… mudah bukan … Basi ya…?

Kalau mau bikin sendiri mail servernya, silahkan cari program mail server, install di komputer, trus tinggal setting alamatnya (bisa pake DNS yang free). Nanti coba akan saya tulis, ada yang berminat…?