gembook
Selama ini seseorang yang ingin mengirimkan suatu pesan ‘secret’, katanya sih bisa dienkripsi pake software maupun hanya sekedar tool saja. Kalau kita cari di internet, pasti banyak cara-caranya dengan suatu algoritma kriptografi. Mulai dari simetrik kayak AES, Blowfish hingga asimetrik yang populer misalnya RSA. Tapi semuanya itu tidak lepas dari suatu pengaman (bisanya orang-orang pada nyebut dengan kunci). Kayak motor aja, supaya aman dikasih kunci, kalau mau lebih aman pake gembok tambahan. Lebih aman lagi ditambahin alarm. Paling aman ga usah punya motor, ga takut ilang kann..πŸ˜€
Sama halnya dengan suatu pesan yang kita anggap rahasia. Mau aman enkripsi dulu, mau lebih aman dobel aja enkripsinya pake kunci yang lain. Lebih aman lagi (kalau di motor ditambahin alarm), pake aja steganografi. Mau lebih aman lagi? (ketemu aja ama penerima pesan, terus bisikin deh dikupingnya mau ngomong apa…πŸ˜€
Kemanan yang harus dijaga dari suatu pesan rahasia yang dienkripsi bukan pesannya, tapi kunci yang digunakan untuk mengenkripsi pesan tersebut. Nah cara utamanya ya dirahasiakan dong kuncinya. Atau kunci tersebut bisa juga dienkripsi lagi dengan kunci sederhana (baca:pendek, misalnya password).
Nah! Saya berpikir, bagaimana kalau kita mengamankan kunci tersebut (kunci kriptografi) pakai metode pengamanan aktif?! Misalnya kita pakai virus untuk mengamankannya. Jadi saat kunci tersebut diakses orang lain, sebenarnya dia mengakses sebuah virus, akhirnya …….πŸ˜•
Tetapi konsep ini masih banyak kelemahan dan permasalahan yang harus diselesaikan terlebih dahulu…. Nanti saya lanjutkan kembali ya…..πŸ™‚