Mobilitas saat ini merupakan suatu kebutuhan tersendiri. Berbagai aktivitas dapat dilakukan secara mobile. oleh karena itu, perangkat mobile sudah merupakan suatu kebutuhan tersendiri bagi setiap individu. Walaupun banyak orang yang telah memiliki perangkat bergerak tersebut (misalnya : HP) tetapi sebagian besar orang tidak menggunakannya secara maksimal. Ambil suatu contoh, berapa persen dari orang yang memiliki handphone yang mendukung GPRS menggunakannya? Kebanyakan dari mereka justru lebih asyik ber-SMS ria ketimbang ber-GPRS.
Saat ini operator selular di Indonesia telah memberikan layanan 3G. Walaupun di luar sana sudah berapa G gitu,…. maklumlah Indonesia memang jauh tertinggal pada bidang-bidang ini. Coba kita asumsikan seperti ini, berapa waktu yang kita butuhkan dari rumah menuju tempat kerja seperti kantor, sekolah, kampus dan sebagainya…? Misalkan berangkat dari rumah hingga sampai memakan waktu 1 jam, menggunakan angkutan umum. Maka dalam waktu 1 jam tersebut kita hanya duduk diam dan bengong seperti sapi ompong….šŸ˜€ walaupun ada juga yang menggunakan waktu tersebut untuk baca buku, ngobrol dan lain sebagainya… Akan tetapi para eksekutif tentunya tidak ngobrol dan bercanda-canda dengan temannya pada saat ngantor di angkot, (tentunya pake mobil pribadi, pake tas, dan jinjing laptop). Eksekutif ini sibuk ketak-ketik di laptopnya (soalnya saya pernah lihat orang seperti ini). Dia bisa sukses karena memanfaatkan waktunya dengan maksimal…
Dari kejadian di atas saya kemudian berpikir, kenapa ya kita tidak memaksimalkan yang kita miliki untuk melakukan sesuatu yang berguna? Seperti si eksekutif tadi, dia pake laptop, colokin kabel data di hanphonenya ke laptop, internetan, atau sekedar membuat ppt… Nah sedangkan kita yang orang-orang biasa (bawahan dan pesuruh) kita memiliki HP dengan layanan 3G (misalnya, tapi paling tidak GPRS), tapi pakenya cuma buat kirim SMS ke pacar, teman, suami/istri atau siapa gitu… kan sayang banget… Pada kesempatan lain saya berpikir, kok susah sih memiliki kesempatan untuk menulis blog… Lalu saya kaitkan dengan saya memiliki handphone dengan fasilitas GPRS, masak sih saya tidak bisa menggunakannya untuk menulis blog (mengingat waktu saya juga banyak terbuang di angkot). Lepas dari soal aman atau tidaknya ber-HP di angkot, saya juga ingin seperti eksekutif itu, cuma yang saya punya hanya sebuah HP, bukan laptop dengan fasilitas 3G. Tapi kendala utama nulis blog lewat HP adalah mahalnya tarif GPRS untuk mendownload halaman ‘post-new.php’.šŸ˜•

Ide tidaklah terbatas, kemudian tercetus ide bagaimana kalau membuat aplikasi J2ME untuk menulis blog (paling tidak di wordpress ini)?… Apakah ada yang mau bergabung dalam pembuatan aplikasi ini? bila berminat silahkan kirim email ke info@acrg.tk , mudah-mudahan bisa cepat selesai pembangunan aplikasinya…..šŸ™‚