Pasti anda pernah berselancar di dunia maya… kalau tidak, anda tidak mungkin membaca artikel ini. (bisa aja sih kalau dibaca dari orang yang menyimpan artikel ini melalui media lain).

website, merupakan media yang efektif untuk menginformasikan sesuatu pada orang lain dimanapun juga, bahkan di belahan dunia lain selama masih terkoneksi dengan internet. Internet telah memberikan kita kemudahan untuk mendapatkan berbagai informasi, jadi terdapat timbal-balik antara pemilik website dengan pengunjung.

Terkadang kita memerlukan website untuk menginformasikan sesuatu. Baik itu merupakan iklan atau mungkin hasil penelitian yang kita lakukan. Hal tersebut mudah saja dilakukan, namun ada biaya yang harus kita bayarkan untuk itu.

Tapi ternyata masih banyak orang-orang baik yang mau menawarkan dengan gratis hosting atau penyimpanan website kita. Tentunya dengan keuntungan yang akan diperolehnya jika kita menumpang web pada mereka. Ada yang membubuhi web kita dengan iklan, entah itu banner, ataupun ads yang lainnya.

Domain name di internet sepertinya sudah merupakan hal wajib yang harus dimiliki. Dengan memiliki domain, maka alamat suatu web akan mudah diingat. nah untuk yang satu ini agak sulit komprominya… karena itu biasanya dikenakan biaya untuk memilikinya. Akan tetapi, saat ini di dunia gratisan lebih populer menggunakan subdomain. Yah yang namanya sub, pastinya numpang sama induknya. Untungnya saat ini banyak situs yang menawarkan subdomainnya dengan alamat yang pendek. contohnya CO.NR (www.co.nr), ataupun yang lainnya seperti dot.tk dsb. Dengan mendaftarkan subdomain pada domain tersebut, maka situs kita akan memiliki alamat yang lebih pendek (seperti situs bayar). Bandingkan kalau nama situs : https://citycrypt.wordpress.com dengan http://www.citycrypt.co.nr ataupun http://www.citycrypt.tk