Udah lama banget nih ga bisa internetan, susaaah banget!!!

padahal, banyak artikel yang mau gue tulis. Ada di komputer gue, tapi berhubung lom bisa konek internet, yah ga bisa diupload. tulisan tentang gambar aneh itu juga pengen diupload, tapi apa daya.. emang di indonesia koneksi internetnya ndoy….

yang bisa gue lakukan cuma baca-kirim email lewat hp.  Itupun dengan keterbatasan macem-macem. sayang sekali yah… tapi untungnya ada yang namanya handphone. saat ini handphone keluaran baru yang diproduksi untuk kelas middle-end keatas sudah dilengkapi dengan keneksi internet. Entah itu GPRS (General Packet Radio Switching) <untuk handphone GSM yang umum, EDGE, dll.>, ataupun yang lainnya <di CDMA ada sendiri tipe koneksinya>.

Sebenarnya kirim-terima data pada handphone merupakan koneksi data biasa dengan protokol tertentu. misalnya untuk SMS menggunakan protokol sms, untuk internetan bisa pake protokol http, https, dsb. tidak terbatas pada provider maupun tipe handphone, entah itu GSM (TDMA), CDMA,  atau jepang-punya (ga tau kalo yang ini). coba deh kalo anda memprogram J2ME yang buat kirim-terima sms kan pake koneksi sms://, atau kalo mau koneksi internet pake http://.  Jadi apakah bisa disimpulkan kalo handphone itu sebenarnya adalah komputer sangat mini?

gue pake handphone belom lama, baru sekitar 4 tahunan. Sebelum gue punya handphone, sering mengintai teknologi handphone. Maklum bener-bener gaptek, ngeliat temen-temen ber-sms ria pengen juga sih… tapi kan ga punya gimana dong? tapi dulu gue punya prinsip, “kalo ga punya bukan berarti ga bisa”. So.. gue mikirin ampe butek, gimana caranya bikin aplikasi buat HP. waktu itu ternyata hanya sampai mengubah tulisan (alih-bahasa) di HP. Ternyata yang dilakukan adalah mengedit sistem operasi HP-nya.

sekarang udah gampang menanamkan aplikasi baru pada HP. udah ada JAVA, ataupun bikin aplikasi lain yang buat symbian (.sis), or yang PDA pada umumnya pake palm (ga tau sekarang nasibnya) atau ms. windows mobile (yang lagi ngetren). Dari beberapa yang gue sebutin diatas, itu kan nama sistem operasi. gue pake hp siemens c65, katanya sih ga ada sistem operasinya. tapi menurut gue semua hp ya ada sistem operasinya. kalo engga ya gimana bisa beroperasi. Sistem operasi kan buat ngoperasiin sistem, hanya saja mungkin namanya beda, bukan symbian, MS. Windows Mobile atau apapun itu.

Kalau gue hubungin HP gue sama komputer via infrared, ntar di taskbar windows muncul ballon “the computer nearby C65”. Apakah ini merupakan bukti bahwa HP itu merupakan komputer mini?

kepanjangan ni tulisan, gue sambung lagi ya….