kalau di tulisan sebelumnya gue menyimpulkan “HP adalah komputer”, maka di tulisan ini akan timbul pertanyaan “Apakah dari HP bisa membuka email / mengirim email layaknya sebuah komputer?”. Tentu saja jawabannya “YA”. selama ini, gue hanya bisa internetan baca/kirim email aja lewat hp. kalo mau nulis blog, mahal euy…😦

mungkin semua pembaca udah tau ya cara ber-email lewat HP. tulisan ini cuma buat ngingetin gue sendiri aja, siapa tau caranya lupa.

gue punya email di Google, ada cara praktisnya, tinggal download aja software buat email manager milik google (tinggal cari di http://wap.google.com). makenya gampang, cuma ada kelemahan, yaitu semua email didownload, yang menyebabkan biaya membludak! pengennya sih cuma mau baca email-email penting aja. gimana dong? alternatifnya pake wapsite pihak ketiga. Dahulu kala banyak wapsite kayak beginian, tapi koq sekarang udah susah diakses, mungkin karena ga ada donatur kali ya…. tapi wapsite sayni (http://gmobile.sayni.net) masih bisa dipakai. tinggal memasukkan email anda dan passwordnya, lalu anda bisa ber-email ria. Anda juga dapat memanfaatkan PIN login, dapat digunakan untuk mempercepat login, tetapi hanya berlaku beberapa hari, setelah itu harus membuat PIN ulang.

koneksi email seperti diatas memang praktis, namun terdapat kelemahan lainnya. Seperti untuk mengirim attachment (file) gue ga pernah berhasil. selalu ada pesan ERROR. Mungkin teman-teman bisa membantu?

Kelemahan lainnya adalah masalah keamanan. Koneksi webnya google sudah memakai SSL/TLS (protokol https), sehingga password yang kita kirimkan sudah cukup aman, sulit dibajak di tengah jalan. Tapi dengan koneksi seperti diatas, password tidak terproteksi sama sekali (plain), sehingga keamanannya kurang.

Memang keamanan dan kenyamanan berbanding terbalik. kalau mau nyaman ya kurang aman, tapi kalau mau aman ya kurang nyaman. Sekarang bagaimana kita menciptakan teknologi yang aman dan nyaman anda mau bergabung?