Dua bulan lalu saya mencoba mengunjungi netbeans.org, disana ada formulir untuk mendapatkan DVD netbeans 5.5 gratis untuk beberapa platform OS. lalu saya coba saja mengisi, dan ternyata DVDnya dibilang habis, dan saya diminta untuk menunggu.
setelah penantian 1 minggu, saya coba kembali cek ke websitnya, ternyata pesanan saya sudah dikirimkan, lalu saya diminta menunggu 4 hingga 6 minggu.
Eh ternyata bulan lalu (+- 4 minggu) DVD itu sudah sampai di rumah saya, isinya WOW ! keren juga, ada mobility packnya, juga versi buat beberapa platform dari solaris (so pasti) hingga Mac sekalipun. tampilannya sih ga jauh beda ama yang versi 5.0 cuma splashnya beda, kalo yang versi 5.0 kan dominasi oranye-hitam, kalo ini lebih ungu (janda kalee).

ternyata kalo mau jadi programmer java (pemrogram yang berasal dari Jawa, soalnya bisa bahasa jawa, hehehe๐Ÿ˜€ becanda doang), didukung oleh berbagai pihak, selain itu dimudahkan oleh IDE yang keren-keren. apalagi pengembang Java terbesar Sun, bahkan menyediakan DVD IDE Java-nya untuk dikirimkan secara GRATIS!!!๐Ÿ™‚ oke ga tuh…??

Makanya kalo mau enak banget… apalagi komunitas Java programmer kebanyakan membuat program open source, jadi kalo kesusahan bisa nyontek punya orang atau tanya di forum.

saya sendiri baru belajar basa jawa ini kurang lebih 2 bulan lalu, karena something….๐Ÿ™‚
lalu saya mikir, kenapa perusahaan besar netbeans sampe-sampe mengeluarkan uang untuk konsumennya…?๐Ÿ˜• berapa coba duitnya dia? dapetnya dari mana yah…?๐Ÿ™‚๐Ÿ™‚