Piiuh, proposal tugas akhir akhirnya selesai juga, tapi menyisakan keberatan tersendiri…
rasanya agak plong, tapi kayaknya masih ngeganjel deh.

Protokol pada electronic election memang susah juga, apalagi sebelum ditemukannya kriptografi. Jadi electronic voting tuh ga pernah diimplementasiin ratusan tahun kali ya…
Kalo ga salah penemu pertama electronic voting tuh Thomas A. Edison, tapi karena ada banyak sekali masalah tidak pernah diimplementasiin sampe kriptografi menjadi solusi hal ini. itu pun masih ada banyak masalah. Tapi setidaknya dapat membantu.

Ada beberapa masalah dalam voting elektronik walaupun dengan kriptografi. misalnya apakah pusat pengumpulan suara tidak curang, ataukah aplikasi yang kita gunakan dipasangi keylogger atau sejenisnya, tentunya ini adalah masalah non-kripto yang dihadapi. Masalah ini hanyalah sebagian kecil dari masalah-masalah yang ada. Sekarang sampai sini dulu masalahnya, soalnya kalo kebanyakan bacanya pusing juga.

Sebenarnya artikel ini udah ngendog ampe 2 minggu, selama itu saya tidak pernah online… hehehe…