SMS udah dikenal ama masyarakat modern di masa kini. siapa coba yang kagak kenal ama si pesan jempol ini? biasanya sih sering banget digunakan ama anak muda. yah paling-paling buat pacaran sih, tapi kenapa ga kita pake buat sesuatu yang benar-benar baru?

contohnya, kita pake sms buat pemilihan umum. Kira-kira bisa ga ya…? harusnya sih bisa, tapi coba kita pikir baik-baik, ada masalah ga disini?
permasalahanya adalah :
1. kerahasiaan pemilih tidak terjamin,
bagaimana bisa dijamin, wong nomor pengirimnya ketahuan koq. yah.. mau rahasia, malah…
2. seseorang bisa memilih lebih dari sekali,
nah lo.. gimana nih ? ya kalo dia kirim sms yang sama sebuanyak-banyaknya gimana? bukannya itu berarti memilih lebih dari satu kali, udah gitu servernya bego lagi… pemilih yang sama diitung lagi suaranya.
3. orang yang tidak terdafatar bisa ikutan,
harusnya kan sebelum pemilu didaftarin dulu yah, tapi pas pemilunya ada orang yang ga punya kartu tanda pemilih ikutan juga, kalo ini terjadi di TPU sih ga masalah, tapi ini kan via sms, jadi masalah toh… siapa yang tau kalo dia pura-pura. Tau website yang bisa dipake buat ngirim sms ? banyak kan? tapi diantaranya juga ada yang menyediakan fitur dikirimnya dari nomor seseorang. WAH gimana nih? bahaya kan, dia cukup mengetahui pemilih yang legal, tinggal cari tau nomor hapenya, buka internet, masuk website yang tadi disebutin diatas, lalu “send“. beres dah..

ah udah dulu ya… kapan-kapan disambung lagi….

to be continue……….🙂